MENJADI FINALIS LOMBA INOBEL MELALUI KUALITAS DIRI
MENJADI FINALIS LOMBA INOBEL MELALUI KUALITAS DIRI
Nara Sumber : Tri Agus
Cahyono
Oleh : Fauziah
Lomba Inovasi
Pembelajaran (Inobel) adalah salah satu lomba yang bergengsi yang menjadi
impian bagi guru-guru dari tingkat SD sampai SMA se-Indonesia. Lomba ini
diselenggarkan oleh Kemendikbud khususnya oleh Ditjen Kesejahteraan,
Penghargaan, dan Perlindungan (KESHARLINDUNG) Dirjen Guru dan Tenaga
Kependidikan Kemendikbud. Bagaimanakah trik untuk sukses meraih juara dalam
lomba Inobel? Nah..alhamdulillah malam ini Om Jay menghadirkan seorang Nara
Sumber yang luar biasa, Bapak Tri Agus Cahyono. Beliau peraih juara I lomba
Inobel tingkat Nasional tahun 2016.
Bapak Tri Agus Cahyono lahir di Pacitan,
22 Agustus 1982. Keseharian bekerja sebagai guru di SD Negeri Belik Tepus
Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Alamat rumah RT. 01 RW. 03 Menadi Kec./Kab.
Pacitan Jawa Timur. HP: 081392542771.e-mail:
3agusgurdacil@gmail.com
3agusgurdacil@gmail.com
Beliau menamatkan pendidikan terakhir
Program Studi Pacsasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) jurusan Magister
Pendidikan Dasar-IPA tahun 2015 melalui beasiswa P2TK Dikdas dengan predikat
Cum Laude. Aktif sebagai ketua KKG Gugus V Purwodadi, Tepus Gunungkidul, DIY.
Adapun penghargaan
yang diraih oleh beliau adalah:
1.
Guru Berdedikasi Daerah Khusus TK. Nasional Tahun 2016;
2. Juara I Perlombaan
Karya Inovasi Pembelajaran TK. Nasional Tahun 2016 kategori MIPA;
3. Penghargaan Short
Course ke Jepang Tahun 2017;
4.
Finalis Olimpiade Guru Nasional (OGN) TK. Nasional Guru Kelas SD Tahun
2018. 5. Finalis Guru Berdedikasi TK
Nasional SD 2019
Assalamu alaikum wr. wb Bpk./ Ibu grup
belajar menulis gelombang 7. Selamat Malam. Alhamdulillah berkah bagi kami bisa
bergabung dalam grup ini. Di sini saya sangat malu jika sebagai narasumber
tentu saja Bpk./Ibu semua lebih berpengalaman dan lebih hebat dari kami. Jadi
tolong anggap ini sebagai sharing pengalaman saja apa yg telah kami peroleh
selama mengabdi menjadi guru. Untuk mengawali kegiatan ini marilah kita berdoa
sesuai kepercayaan kita masing-masing. Silahkan
Sesuai Tema yg kami ambil "Karya
Inovasi & Kualitas Diri"
Pada hakikatnya sebuah karya inovasi
adalah puncak dari proses belajar seseorang. Sesuai taksonomi Bloom yg telah
direvisi oleh Krathwool. Ada 6 tahapan berfikir kognitif
1. Mengingat (C1)
2. Memahami (C2)
3. Menerapkan (C3)
4. Menganalis (C4)
5. Mengevaluasi (C5)
6. Menciptakan (C6)
Dalam taksonomi tersebut Karya inovasi
adalah sebuah tahapan puncak dari proses berfikir.
Jadi ketika kita menginginkan sebuah
karya inovasi yang baik, maka kita tidak boleh melewati tahapan2 tersebut. Jangan
sampai kita berinovasi tapi:
1. Tidak tahu ilmunya
2. Tidak paham maksudnya
3. Tidak pernah menggunakan
4. Tidak bisa menganalisis bagian2nya
5. Tidak bisa menilai kelebihan dan
kekurangannya
Jadi intinya jika anda
ingin menciptakan karya inovasi maka anda harus belajar menguasai materi
keilmuan dari karya tersebut.
Ketika final lomba Karya
Inobel yg dinilai bukan sekedar bagaimana karya tersebut atau karya tulisnya
tetapi yg paling penting dan lebih utama adalah bagaimana
penciptanya/inovatornya yg akan ditelisik oleh dewan juri melalui presentasi
dan tanya-jawab.
Nah bagaimana cara kita
belajar untuk meningkatkan kualitas diri dan sekaligus menciptakan sebuah karya
inovasi adalah bekerja.
1 Apakah karya inobel yang
juara mesti ada unsur TIK- nya...? Pak Azis guru di Demak
Selamat malam Pak @Aziz
Demak
Tidak selalu, tergantung
kebutuhan. Karya manual sederhana namun idenya luar biasa akan dapat melebihi
karya yg berbasis TIK
2.Slmt malam pa Agus, boleh
ceritakan lebih dalam karya
inovatif yang pernah anda buat sampai
dikenal dan mendapat prestasimu itu?Pak
Simon Kupang
Kelemahan globe tadi adalah
tidak bisa menampilkan bagaimana gerak semu matahari. Sehingga menjadi sulit
bagi anak. Maka anak akan lemah motivasinya untuk terus belajar. Itu kendala yg
harus diselesaikan
Nah dimana saya dapat ide?
Untuk menyelesaikan masalah tersebut Bisa langsung dijelaskan untuk mengatasi
kendalanya ok saya coba jelaskan lewat
tulisan. aktifitas saya dengan kamera sangat tinggi. hampir setiap kegiatan
saya rekam foto dan video
3.Yang manakah media / alat peraga yang lebih
pertimbangkan oleh dewan juri saat kita
mengikuti lomba inobel apakah yang bersifat tradisional atau modern . Tentu
dengan telah memperhatikan fungsi dan kegunaanya dlm pencapaian IPK siswa.
Terimakasih.
Kelebihan dari sebuah karya
bukanlah dari sifat modern atau tradisionalnya tetapi lebih kepada
kebermanfaatan, ide, dan kemudahan untuk digunakan dan direplika oleh orang
lain. Meskipun karya berbasis TIK kelihatan lebih keren tetapi sulit untuk
ditiru dibuat oleh guru lain atau sulit diaplikasikan di daerah2 tertentu maka
nilainya akan kurang.
4. Slmt malm pa AGUS, SAYA sudah nonton lihat sekolahmu di desa, bagaimana kerja sama
guru dan kepsek di sekolahmu
melihat dan mendukung prestadi anda? Pak
Simon Kupang
Mereka adalah rekan yang
luar biasa, sangat mendukung dan membantu saya dalam mengikuti kegiatan2 di
luar sekolah. ketika kita merekam video dengan kamera action cam misalnya. kita
menggunakannya dalam kondisi bergerak. sedangkan obyek yang kita shot tidak
bergerak. maka ketika kita memutar videonya. hasilnya benda yang kita shot
kelihatan bergerak padahal aslinya tidak bergerak dan kamera merupakan alat
optik yang menyerupai kinerja mata. sehingga saya mempunyai ide memasang kamera
pada globe sebagai pengganti mata kita
5.Selamat Malam...blhkah sy
bertanya...dl sebelum ada tagline ttg INOVASI PEMBELAJARAN apkh di Indonesia
kegiatan pembelajaran yg dilakukan guru2 sama sekali blm mengarah pd kegiatan
Inovasi Pembelajaran ? Apkh seperti RA Kartini yg meminta gurunya yaitu Mbah
Sholeh Darat utk mentranslate Al Quran dlm terjemahan bs d katakan sbg inovasi
pembelajaran ? Td d katakan secara implisit bhw Globe sbg media pembelajaran
pdhl antara media pembelajaran dan alat peraga itu tdk sama. Pak Beny Kediri
6. Mohon di jlskan
perbedaan alat peraga dan media pembelajaran menurut bpk pemateri.
Terimakasih.Pak Beny Kediri
Menurut saya Alat
peraga adalah bagian dari media
7. Maaf P. Agus, mungkin
ada gambar atau video inobelnya biar lebih jelas.
Itu ketika saya naik wahana
cangkir (komedi putar) di Dufan. Perhatikan teko dalam video tersebut. Teko
kondisi sebenarnya tidak bergerak. Tetapi dalam video bergerak. Keren
banget pasti siswanya seneng dan motivasi akan timbul. Itulah yg
bisa dimanfaatkan untuk menjelaskan gerak semu. Teko sebagai matahari sedangkan
kamera adalah mata yg ada di bumi. Ayo sesi tanya jawab bsa japri ke saya dulu
biar semua pertanyaan bisa didokumentasikan dengan baik. Nah coba tonton video
tersebut sambil tiduran berulang2. Dan jadikan HP Bapak/Ibu sebagai kenampakan
langit. Teko akan muncul dari samping kiri ke kanan dan menghilang. Nah itu
mirip dengan gerak semu harian matahari. Nah saya berpikir bagaimana supaya hal
tersebut bisa ditampilkan di kelas. Maka kamera yg saya pasang harus bisa live
menampilkan kenampakan langit. Kamera saya hubungkan ke laptop dan saya
hubungkan ke proyektor (LCD) saya sorotkan ke langit2 kelas. Maka jadilah
planetarium bekam. Bekam = Globe
berkamera. Cara menggunakan dalam pembelajaran seperti menggunakan globe
biasa
8. Seberapa jauh peran KS
dalam prestasi njenengan? Langkah langjah apa yang telah beliau ( KS) lakukan
sehingga guru bisa berinovasi dan meningkatkan kwalitas diri secara maksimal.
Apakah teman teman satu sekolah Pak Agus juga melaksanakan hal yang sama dgn
Pak Agus? Ya, walaupun mgkn tdk ikut lomba. Terimakasih.
9.Selamat malam pak Agus,
banyak guru di sekolah memiliki kesulitan utk mencari ide kreatif karena
mnyelsaikan administrasi guru. Apakah bapak punya saran utk kondisi ini
(dilihat dari pengalaman bapak). Terima kasih / grefer_kupang, NTT
Kepsek. Alhamdulillah Bapak
Kepala sekolah Kami baik yg lama maupun yg baru sangat mendukung kegiatan2
saya.
10. Assalamualaikum Pak
Agus, perkenalkan saya Pak Etik dari Kabupaten Pemalang. Disamping karya
inovatif bapak, apa yang membuat bapak menjadi Guru Berdedikasi Daerah Khusus tk Nasional tahun 2016. apa
kiat2 sukses bapak
Syarat guru berdedikasi
dulu 2016 adalah penunjukan dinas propinsi kabupaten yang diambilkan dari
Gupres (sekolah khsusu) peringkat terbaik namun tidak lolos ke propinsi. Kalau
2019 adalah dengan pendaftaran melalui akun kesharlindung Dikdas dan
rekomendasi Dikpora propinsi
Bu Etik silahkan pantau
terus akun kesharlindung. Jika propinsi ada seleksi silahkan dipersiapkan sama
seperti Gupres tetapi lebih kepada dedikasi bukan prestasi
11. Pak agus saya mau
tanya..saya kan guru fisika. Sebenarnya banyak karya inovatif yg bisa dibuat tp
bila di sekolah alat praktikumnya sdh banyak, bagaimana caranya saya membuat
karya inovatif tersebut? Sri indayani lamongan
Kunci Inovasi
1. Menemukan baru
2. Menyempurnakan yang lama
Silahkan terapkan APIK tadi
menurut kondisi anda sendiri
Minimalkan administrasi,
lebih ke hal2 aplikatif dalam mengajar, ingat kita adalah guru, tugas utama
kita mengajar, administrasi kebanyakan hanyalah formalitas jadi utamakan
administrasi yg penting2 saja.
Syarat guru berdedikasi
dulu 2016 adalah penunjukan dinas propinsi kabupaten yang diambilkan dari
Gupres (sekolah khsusu) peringkat terbaik namun tidak lolos ke propinsi. Kalau
2019 adalah dengan pendaftaran melalui akun kesharlindung Dikdas dan
rekomendasi Dikpora propinsi
Pendaftaran inobel adalah
melalui seleski karya tulis, maka buat karya tulis secara APIK. Judul yg
menarik, segar/baru, berbeda dari yg lain dan tentu saja harus lolos uji
smiliarity maksimal 30% turnitine
Karya tulisnya yg paling
bagus adalah karya pengembangan (Research & design) .Kalau tidak bisa lebih
baik bestpractise. Tidak perlu banyak fungsi tetapi berpengaruh dan mempunyai
rentetan keberhasilan dalam menyelesaikan masalah.
12. Slmt malam pak
Tri,salut Untuk anda, melihat dari profil psk Tri,beralamat di Pacitan
Jatim,bagaimana mengatur waktu,sedangkan tugasnya di Gunung Kidul Yogya,mohon sharingnya sedikit.
Maturnuwun
Saya setiap hari laju dari
Pacitan ke Gunungkidul menempuh jarak 70km. PP 140 km. Di perjalanan sering
saya gunakan untuk memikirkan apa2 yg harus saya lakukan bersama anak2 di
sekolah.
O ya..untuk lebih jelasnya
bisa melihat alamat berikut
Kesimpulan
Dalam berinovasi jangan
memikirkan masalah yg bersumber dari luar seperti lingkungan sekolah, sarana
dan prasarana, dll tetapi FOKUS pada KOMPETENSI DIRI itulah yg akan memudahkan
kita menemukan hal2/ide penting yg membantu keberhasilan pembelajaran. Sehingga
tidak hanya inobel yg kita dapat,.. OGN akan dapat, Gupres juga akan kita
dapat. Jadi tingkatkan kualitas diri untuk karya yg berkualitas. Terima kasih
dan semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada kekilafan.
Gerak cepat.. Pngsung jd resumenya..sip.
BalasHapusCepat sekali. Mantap
BalasHapusMantap pak agus, sangat menginspirasi
BalasHapusSip,mohon diedit lagi kalaiamtnya supaya lebih enak dibaca dan dikasih jarak antar paragraft dgn enter dua kali
BalasHapusyep..siap om jay. makasih
Hapussipp kerennn
BalasHapusalhamdulilah sudah baik,teruslah menulis jangan pernah berhenti,ikuti kata hati menulislah setiap hari iakan omjay ha ha ha tersenyumlah selalu walau apaun yang terjadi karena dengan senyuman kita dapat menenangkan hati,ayooo tersenyum
BalasHapuswooww... cepet juga selesainya....
BalasHapusMantap ,...
BalasHapusMantul bu
BalasHapusKunjungi juga https://arifiani05.blogspot.com/